Halaman

Rabu, 22 Februari 2012

7 Hewan langka yang hampir punah

       Tuhan telah menciptakan berbagai macam mahkluk hidup salah satunya adalah Hewan,dizaman sekarang ini banyak dari hewan-hewan yang sudah hampir punah gara-gara hilangnya tempat tinggal untuk mereka mencari makan tetapi pada saat sekarang ini banyak penebangan pohon dan perluasan tanah yang membuat hewan menjadi punah dan menjadi kehilangan tempat tinggal dan tempat dia mencari makan.



1. Mountain Pygmy Possum (Burramys parvus)


Mountain Pygmy Possum (Burramys parvus)|Data 7 Hewan Langka Yang 
Hampir Punah

Spesies ini merupakan jenis marsupial unik yang awalnya hanya diketahui dari fosilnya saja, hingga kemudian ditemukan pada tahun 1966 pada sebuah resort ski di Victoria.

Ia merupakan salah satu dari pygmy possum terbesar di Australia, dan merupakan mammalia kecil yang umurnya terpanjang di dunia, dimana betinanya bisa mencapai usia lebih dari 12 tahun. Sayangnya, kehadiran industri resort ski yang menjamur di Australia mengakibatkan possum kecil ini kehilangan habitatnya hingga kini nyaris punah.


2. Solenodon Hispaniola (Solenodon paradoxus)

Solenodon Hispaniola (Solenodon paradoxus)|Data 7 Hewan Langka 
Yang Hampir Punah

Solenodon memang rupanya mirip dengan tikus, tapi mereka tidak seperti tikus sama sekali. Solenodon ini merupakan satu-satunya mamalia yang menginjeksi korbannya dengan racun.

Solenodon hanya terdiri dari dua spesies, yakni Hispaniolan solenodon yang ditemukan di Kepulauan Hispaniola dan Cuban solenodon yang distribusinya di Kuba.

Sebelum kolonisasi orang Eropa, spesies ini merupakan predator yang dominan di habitatnya, namun seiring berjalannya waktu, mereka kalah dengan predator baru semacam anjing, kucing dan luwak. 


3. Badak Bercula Dua Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis)

Badak Bercula Dua Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis)|Data 7 Hewan 
Langka Yang Hampir Punah

Badak bercula dua ini merupakan yang paling kecil dan terancam dari lima jenis spesies badak yang masih bertahan hidup. Spesies ini hidup di pedalaman hutan Asia Tenggara, sebagian besar di Indonesia.

Sayangnya, aktivitas manusia seperti penggundulan hutan mengakibatkan populasinya turun drastis sehingga terancam punah, diestimasikan hanya sekitar 275 ekor yang hidup hingga saat ini. 


4. Wombat Hidung Berbulu dari Selatan (Lasiorhinus krefftii)

Wombat Hidung Berbulu dari Selatan (Lasiorhinus krefftii|Data 7 
Hewan Langka Yang Hampir Punah

Hanya tiga spesies wombat yang saat ini masih bertahan hidup, dan ini salah satunya. Wombat merupakan makhluk yang beraktivitas di malam hari, dan kebanyakan dilakukan sendirian. Sepanjang hari, wombat tinggal di dalam lubang, dan baru keluar di malam hari untuk memakan rerumputan.

Wombat banyak kehilangan habitat akibat aktivitas pertanian, serta predator-predator yang diperkenalkan ke Australia, terutama dingo.


5. Kelinci Riverine (Bunolagus monticularis) 

Kelinci Riverine (Bunolagus monticularis)|Data 7 Hewan Langka Yang
 Hampir Punah

Spesies kelinci Riverine ini, berbeda dengan sebagian besar keluarga kelinci lainnya karena satu hal, yakni tidak berkembang biak seperti kelinci. Ketika spesies kelinci pada umumnya bisa membesarkan 12 bayi tiap kali hamil, dan berkali-kali hamil dalam satu musim, kelinci ini hanya bisa membesarkan satu anak dalam satu waktu, dan ia hanya hidup selama 3 atau 4 tahun di alam terbuka. Habitat kelinci ini di gurun Karoo, Afrika, terancam akibat gurun tersebut kerap menjadi lahan pertanian.


6. Baiji (Lipotes vexillifer) 

Baiji (Lipotes vexillifer)|Data 7 Hewan Langka Yang Hampir Punah

Baiji, atau lumba-lumba di Sungai Yangtze, kemungkinan sudah punah, karena hanya 13 saja yang ditemukan selama survei populasi antara 1997 dan 1999. Survei terbaru yang dilakukan tidak berhasil menemukan satupun baiji yang tersisa di sungai tersebut.

Sungai Yangtze yang sangat ramai ini mengakibatkan Baiji kehilangan habitatnya dan populasinya menurun drastis, akibat aktivitas pemancingan maupun polusi limbah.


7. Ekidna moncong panjang timur (Zaglossus bartoni) 

Ekidna moncong panjang timur (Zaglossus bartoni)|Data 7 Hewan 
Langka Yang Hampir Punah

Ekidna moncong panjang timur dan barat punya fitur yang unik, yakni perpaduan antara mamalia dan reptil. Keduanya juga nyaris punah akibat perburuan dan kehilangan habitat, akibat aktivitas pertambangan, pertanian dan penebangan liar.

9 komentar:

  1. waaww... nice info sob...
    nambah pengetahuan nihh...

    BalasHapus
  2. kasihan y mereka hampir punah. harus ada penanggulangan yang berarti nih sob...

    BalasHapus
  3. Solenodon Hispaniola hidung nya panjang ..hahaha
    kocak jadi nya sob .. :D

    absen malem ..
    Di tunggu Follow nya .. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Green blog to Mr.San San : Ok sob,mksh ya ats komen.a.. :)

      Hapus
    2. Green Blog to Jejak puisi:Ya cuy,sekarang ni udh smkin bnyak aj hewan yg terancam punah gr2 habitat.a diambil oleh manusia untuk perluasan lahan,harus dilindungi supaya tidak punah.

      Hapus
    3. Green Blog to Prince Flavo: Hahahaha btl tu pnjang dan mancung :D

      ok SIPPP...

      Hapus
    4. Green Blog to Prince Flavo: Hahahaha :D Panjang dan mancung..
      ok sob..

      Hapus
  4. fascinating creatures.. tnx for sharing :) very nice and interesting page :)

    BalasHapus